Bisnis Kosmetik di Indonesia Buat Pebisnis Muda, Auto Bikin Cuan!
MurniCare, Jakarta – Tahun 2023 ini semakin banyak brand lokal yang bersaing dengan brand internasional dengan formula yang tidak kalah ampuh untuk mewujudkan wajah glowing dan sehat. Konsumen mulai menyadari munculnya brand kosmetik dan skincare lokal dengan harga terjangkau dan formula yang bagus. Sebagai pebisnis dan calon pebisnis, kamu wajb banget memanfaatkan situasi ini dengan terjun langsung di industri kecantikan. Emang gimana sih kondisi dan peluang bisnis kosmetik di industri kecantikan? Kita bahas yuk!
Pertumbuhan Industri Kecantikan
Data Statista menunjukkan bahwa pasar kecantikan dan personal care mengalami pertumbuhan tercepat. Adanya pergeseran konsumen muda yang masuk pada segmen kosmetik dan skincare mendukung lajunya pertumbuhan ini. Faktor yang semakin memperkuat hal ini adalah adanya media sosial, e-commerce dan internasionalitas seperti jual beli pelaku usaha di Indonesia dengan negara lain.
Pasar Kecantikan dan Perawatan Diri yang diteliti oleh Statista merupakan barang konsumsi untuk kosmetik dan perawatan tubuh. Mulai dari make up, skincare, perawatan rambut, wewangian, pencukur dan deodoran. Namun, barang-barang ini tidak termasuk jenis produk perawatan medis.
Masih berdasarkan catatan Statista, sampai September 2023 pendapatan per kapita di Indonesia untuk segmen kosmetik sebesar US$ 6.65, segmen parfum atau wewangian sebesar US$ 1.55, segmen personal care sebesar US$ 13.38, dan segmen skincare sebesar US$ 9.54. Tingkat pertumbuhan per tahun untuk pasar Kecantikan dan Perawatan Diri dari tahun 2022-2027 diprediksi akan tumbuh setiap tahun sekitar 5,81 persen.
Berdasarkan temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jumlah pelaku usaha di Industri kosmetik juga meningkat sebesar 20,6 persen yaitu dari 819 unit usaha tahun 2023 menjadi 913 unit pada tahun 2022.
Kondisi pertumbuhan dalam industri kecantikan ini menunjukkan besarnya peluang untuk berbisnis kosmetik atau skincare. Pasar dan konsumennya selalu ada dan minat konsumennya semakin tinggi. Tidak hanya wanita, pria dan anak-anak pun menggunakan skincare. Oleh karena itu, kosmetik dan skincare menjadi ide bagus untuk bisnis.
Baca juga Cara Membuat Nama Brand yang Unik
Rekomendasi Bagi Calon Pebisnis Kosmetik
1. Berjualan dari mulut ke mulut
Selain menjual barang secara daring, berjualan dari mulut ke mulut juga bisa menjadi pilihan. Sederhananya, kamu bisa menjual kosmetikmu ke orang terdekatmu seperti sahabat, teman main, teman kuliah, teman sekantor, atau anggota keluargamu. Ada baiknya jika kamu meminta mereka untuk mempromosikan atau membuat testimoni produk kosmetikmu di media sosial yang mereka miliki. Dengan begitu, bisnismu secara perlahan dapat diketahui banyak orang dan jumlah pembeli meningkat.
2. Bisnis kosmetik secara online
Bisnis kosmetik tidak harus menyewa toko dan menunggu ada yang mengunjungi toko. Zaman digital ini banyak membantu para pelaku usaha untuk berjualan. Salah satunya menjual barang secara online. Kamu bisa menggunakan berbagai platform dan berbagai sistem penjualan.
Marketplace menjadi wadah yang memudahkan aktivitas jual beli. Nah, menjual kosmetik di marketplace seperti ini bisa dengan cara mengirimkan stok barang di gudang. Kamu juga bisa menggunakan sistem pre-order (PO). Sederhananya, sistem PO ini adalah barang yang siap dikirimkan hanya berdasarkan pesanan yang dibuat ataupun sudah dibayar, alias barang yang dijual bukan merupakan stok barang yang sudah ada di gudang. Selain itu, kamu juga bisa menjadi dropshipper. Dengan kata lain, kamu bisa menjual kosmetik ke pembeli tanpa perlu punya gudang untuk menyimpan banyak stok kosmetik.
3. Gunakan media sosial sebagai branding dan promosi
Bagaimana sebuah bisnis kosmetik dan skincare dikenal oleh audiens dan calon pembelinya? Mudah saja. Media sosial bisa menjadi salah satu cara agar sebuah brand kosmetik bisa terlihat karakter dan kepribadiannya. Melalui media sosial, brand kosmetik kamu bisa berinteraksi dengan audiens dengan banyak cara. Misalnya, membuat konten untuk memancing audiens untuk berbagi pengalaman tentang kosmetik atau melakukan sesi kuis. Dalam hal interaksi, ada baiknya untuk memperhatikan gaya bahasa, sapaan dan cara menjawab pertanyaan audiens yaa.
Tidak hanya untuk wadah branding, media sosial juga menjadi tempat untuk promosi. Konten testimoni dari orang terdekat yang sudah membeli kosmetik kamu penting untuk meningkatkan ketertarikan calon pembeli yang lain. Agar lebih menarik, lakukanlah promo saat ada event promo tertentu seperti tanggal kembar disetiap bulan, promo payday menjelang gajian, atau promo di tanggal-tanggal peringatan hari penting.
Kesimpulannya, bisnis produk kecantikan menjadi peluang besar untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Selain karena pasarnya sudah ada, konsumennya banyak, tapi kebutuhan untuk merawat diri juga semakin disadari banyak orang. Agar bisa menarik minat banyak orang, kamu butuh kreativitas dalam memasarkan dan mempromosikan produknya.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsultasikan kebutuhan bisnis skincare dan kosmetik kamu bersama tim kami. Proses maklonnya cepat, produk skincare kamu juga terjamin aman dan berkualitas.