Kecantikan, Pembaruan

Digital Campaign untuk Strategi Pemasaran Digital Marketing Bisnis Kecantikan

strategi pemasaran digital

MurniCare Maklon, Jakarta – Era digital yang selalu berkembang ternyata berdampak pada pemasaran online yang menjadi kunci keberhasilan banyak bisnis, termasuk bisnis kecantikan. Salah satu strateginya adalah digital campaign. Dengan kampanye digital ini, sebuah bisnis dapat mengukur kinerja pemasaran yang telah dilakukan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang digital campaign untuk bisnis kecantikan kamu dan bagaimana menerapkannya sebagai strategi pemasaran digital.

strategi pemasaran
Sumber : Freepik

Apa Itu Digital Campaign?

Sebelum membahas penerapannya, kita bahas dahulu apa itu digital campaign. Digital campaign adalah aktivitas strategi pemasaran yang memanfaatkan platform dan perangkat digital untuk memasarkan produk maupun memperkenalkan sebuah brand sehingga target audiens melakukan tindakan setelah melihat campaign tersebut. Tindakan yang dimaksud adalah melakukan klik pada tombol CTA yang tersedia, mengunjungi landing page, membagikan konten, menyukai konten, memberikan komentar, hingga melakukan pembelian. 

Mengapa sebuah bisnis kecantikan perlu melakukan digital campaign? Karena aktivitas kampanye secara digital ini dapat membantu sebuah bisnis secara efisien untuk memberitahu banyak audiens tentang brand-nya, produk dan layanannya, keunggulannya, bahkan mengajak audiens melakukan pembelian. Sebuah bisnis kecantikan juga dapat menentukan target audiens dengan karakteristik yang umum maupun secara spesifik. 

Tipe-Tipe Campaign yang Efektif untuk Bisnis Kecantikan

1. Paid advertising campaigns 

Iklan berbayar dilakukan banyak bisnis untuk mencapai target audiens dan mendapatkan visibilitas. Iklan berbayar seperti Google ads, Instagram ads, dan Facebook ads memiliki banyak fitur dan opsi untuk mengatur iklan yang kamu pasang. Mulai dari tujuan atau objektif dari campaign, target audiens, dimana dan kapan iklan kamu muncul, serta biaya yang dikeluarkan untuk campaign tersebut. Jadi, produk kecantikan bisnis kamu secara efisien dapat di ketahui lebih luas oleh pengguna internet.

2. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran dengan cara mempengaruhi audiens yang melihat tindakan dan ulasan positif dari seorang influencer terhadap sebuah produk atau brand. Pemasaran menggunakan influencer bisa menarik target audiens dengan menanamkan kepercayaan. Namun, keberhasilan teknik marketing ini dipengaruhi juga oleh reputasi influencer, kesesuaian antara produk yang dipromosikan dengan kategori produk yang menjadi bidang influencer tersebut, cara penyampaiannya, dan kinerja konten yang dihasilkan. 

3. Social Media Marketing 

Campaign di media sosial juga penting untuk strategi pemasaran bisnis kecantikan. Konten menarik seperti giveaway dengan hadiah menarik seperti paket skincare atau make up dapat meningkatkan engagement audiens. Selain itu, kamu juga bisa membuat campaign saat launching produk baru. Tidak kalah penting, campaign promo saat event-event tertentu juga menarik bagi audiens karena mereka bisa mendapatkan produk kamu dengan harga diskon. 

Baca juga Bisnis Skincare sebagai Investasi di Masa Depan

Manfaat Digital Campaign 

Meningkatkan Brand Awareness

Strategi pemasaran biasanya dimulai dengan yang paling awal, yaitu brand awareness. Digital campaign seringkali digunakan para bisnis untuk memperkenalkan brand dan produk mereka ke seluruh pengguna internet. Memperoleh brand awareness dengan memanfaatkan kampanye digital tergolong efektif sesuai biaya yang dikeluarkan. 

Meningkatkan Penjualan

Penjualan merupakan tujuan utama dari sebuah strategi pemasaran. Semakin sering kamu membuat kampanye tentang produk, layanan, dan brand maka dapat meningkatkan juga rasa ketertarikan audiens terhadap produk kamu. Berbekal CTA yang menarik dan konten yang unik akan mendorong audiens untuk mengulik produkmu dan melakukan pembelian. 

Memperluas Jangkauan Konsumen/Pelanggan

Digital campaign dinilai cukup efektif dalam menggaet banyak audiens dalam satu kali unggah. Jangkauan audiens yang dicapai oleh sebuah campaign disesuaikan dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam strategi pemasaran, menjangkau konsumen adalah salah satu tujuannya.

Meningkatkan Engagement Audiens

Kampanye digital yang kamu sajikan dengan konten dan tulisan yang unik akan mengundang banyak perhatian. Audiens pun akan dengan sukarela mengisi kolom komentar media sosial brand kamu, memberi likes dan membagikan konten kamu dengan senang hati. 

Sudah menemukan campaign yang tepat untuk bisnis kamu? Intinya, sesuaikan campaign dengan target audiens kamu dan apa tujuannya. Sehingga, konten maupun iklan yang kamu hasilkan dapat menarik orang yang tepat. Yuk, rajin evaluasi campaign brand kamu agar menghasilkan banyak campaign yang tepat sasaran!

Baca juga Ingredients Skincare yang Populer di Tahun 2024, Beautypreneur Wajib Tahu!

Tinggalkan Balasan