Prediksi Pengeluaran Kecantikan di Tahun 2024
MurniCare, Jakarta – Industri kecantikan terus berkembang pesat, dengan pengeluaran konsumen yang diperkirakan akan meningkat pada tahun 2024. Terdapat beberapa faktor yang mendasari kondisi ini. Konsumen berperan penting dalam meningkatnya pengeluaran kecantikan pada tahun ke tahun. Bagaimana bisa? Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai prediksi pengeluaran produk kecantikan di tahun 2024 ini!
Peningkatan Pengeluaran untuk Produk Kecantikan
Semakin berjalannya tahun, minat terhadap produk kecantikan semakin meningkat. Tidak hanya wanita, para remaja dan pria pun sudah menyadari pentingnya merawat diri. Menurut Katadata, transaksi produk kesehatan dan kecantikan meningkat jumlahnya saat pandemi Covid-19 menjadi 40,1%. Angka ini naik dibandingkan tahun 2019 yaitu 29.1%.
Salah satu survei terkait hal ini juga dilakukan oleh Harris Williams. Survei ini melibatkan 1.250 pecinta produk kecantikan di Amerika Serikat dengan 38% diantaranya berusia 18-34 tahun. Pengeluaran untuk produk kesehatan dan kecantikan per tahun dari 27.4% responden berada di kisaran $50-$99, sebanyak 20.1% responden mengeluarkan sekitar $100-$149 dan 39% mengeluarkan $150 atau lebih.
Pengeluaran tertinggi terjadi pada produk kosmetik, skincare, suplemen, produk UV protection, dan semua wewangian. Lebih dari 86% responden memiliki pengeluaran yang sama atau lebih dari tahun 2022.
Faktor Pendukung Meningkatnya Pengeluaran untuk Produk Kecantikan
Kondisi meningkatnya pengeluaran untuk produk kecantikan ini didorong oleh beberapa hal. Faktor pertama adalah kenaikan harga. Harga produk yang lebih mahal cenderung menyebabkan peningkatan jumlah pengeluaran para konsumen. Walaupun tidak ada peningkatan jumlah produk yang dibeli, kenaikan harga menjadi faktor penggerak meningkatnya pengeluaran. Faktor kedua adalah kesadaran konsumen terhadap pentingnya 2 hal, yaitu menjaga kesehatan dan merawat diri. Hal ini mendorong motivasi untuk membeli skin care, body care, hair care dan bahkan parfum.
Faktor yang terakhir adalah adanya hasrat untuk mencoba hal baru dan menyenangkan. Bagi para pengguna produk perawatan tubuh, mencoba produk lain adalah hal yang menyenangkan. Adanya inovasi dan pengembangan teknologi yang dilakukan para brand juga menghasilkan produk kecantikan dan kesehatan yang baru dan unik. Produk dengan cara penggunaan, kandungan, formula, bahkan packaging yang berbeda akan memberikan pengalaman yang berbeda juga saat menggunakannya. Hal ini tentunya mendukung meningkatnya pengeluaran konsumen.
Faktor yang Mendorong Pembelian Produk Kecantikan
Selain faktor penyebab meningkatnya pengeluaran, faktor yang mendorong pembelian juga tidak kalah penting untuk kita ketahui. Faktor pertama adalah seberapa besar manfaat yang dapat diberikan produk untuk mengatasi keluhan konsumen. Hal ini terkait klaim pada produk tersebut yang dapat meyakinkan konsumen untuk membeli.
Faktor selanjutnya adalah kepercayaan konsumen terhadap brand. Seringkali, brand milik para penata rambut, penata rias, atau dokter kulit dianggap lebih terpercaya dibanding brand lainnya. Berbekal pengetahuan para ahli tersebut terhadap formula dan fungsi yang tepat untuk kebutuhan konsumen, hal ini mendukung keputusan beli konsumen.
Dengan kesadaran konsumen untuk merawat diri, harga produk yang meningkat dan minat untuk mencoba produk baru, maka pengeluaran untuk membeli produk kecantikan dan kesehatan juga diprediksi meningkat pada tahun-tahun berikutnya.
Punya pengalaman atau pertanyaan seputar pengeluaran produk kecantikan dan kesehatan? Tulis di kolom komentar dibawah yuk!
Baca juga Peluang Bisnis Skincare 2024