Kecantikan, Pembaruan

TikTok sebagai Channel Branding untuk Usaha Skincare

TikTok sebagai channel Branding Bisnis Skincare
Tiktok sebagai channel branding usaha skincare

Dahulu, Tiktok digunakan untuk video hiburan semata. Namun saat ini semakin berkembang penggunaannya. Banyak brand yang menggunakan Tiktok sebagai channel branding usaha skincare-nya. Tidak hanya melalui TikTok ads, tapi juga berkolaborasi dengan para TikToker lain sebagai channel promosi. Kamu bisa baca juga artikel sebelumnya tentang peluang usaha menjadi beautypreneur!

Nah, kamu punya bisnis skincare dan tertarik untuk membangun branding bisnismu di TikTok? Simak langkah-langkahnya berikut ini ya!

Alihkan akun TikTok ke mode bisnis

Sebelum membuat video, tentunya kamu harus punya akun TikTok dulu dong sebagai channel branding kamu! Nah, kamu bisa melengkapi profil mulai dari foto, bio, link produk atau bisnis skincare dan kontak untuk kesan formal. Atur akun TikTok ke mode bisnis agar mendapatkan insight dari konten video yang kamu post.

Sesuaikan kontenmu dengan yang sedang tren

TikTok tidak lepas dari topik ngetren seperti platform lainnya. Bahkan, topik hari ini dan besok bisa saja berbeda. Jadi, kamu juga harus update dengan topik yang dibicarakan hari ini atau minggu ini. Untuk membangun branding bisnis skincare, buatlah konten yang mengandung trending topic. Misalnya sedang tren video konser Blackpink di Jakarta. Kamu bisa membuat video tutorial skincare sebelum pergi ke konser agar makeup tidak meleleh karena keringat dan panas matahari.

Gunakan fitur-fitur TikTok

Sebagai audience, biasanya akan lebih tertarik jika melihat video yang menggunakan fitur-fitur unik. Misalnya, konten storytelling menggunakan voice changer. Selain suaranya yang menarik perhatian, audience juga jadi lebih memperhatikan apa yang sedang dibicarakan. 

Potensi Platform TikTok sebagai Channel Branding
Freepik

Fitur lain yang bisa kamu gunakan adalah musik, filter unik, live, timer saat take video, keranjang kuning untuk link jualan produkmu, stiker dan emoji lucu dan lain-lain yang akan bertambah seiring TikTok update fiturnya. 

Kamu juga boleh memperhatikan fitur apa yang sedang banyak digunakan. Misalnya, sedang marak video review menggunakan fitur keranjang kuning untuk lihat produknya. Nah, kamu bisa membuat video dengan fitur yang sama.

Caption yang menarik

Video TikTok akan lebih jelas jika ada caption. Tidak hanya untuk penjelasan, tapi juga untuk menghibur. Buatlah caption yang terkait dengan isi konten. Tulislah dengan singkat dan jelas.

Pilih hashtag yang relate dengan konten

Saat akan mengunggah video, pilih hashtag atau tagar yang sesuai dengan isi konten. Jika videomu terkait skincare, maka pilih tagar terkait hal yang sama. Menulis tagar sebaiknya tidak hanya mengikuti tagar yang populer digunakan orang, tapi juga harus memperhatikan keselarasan dengan kontennya. Dengan begitu, konten kita mudah ditemui oleh pengguna yang membutuhkan review produk skincare.

Perhatikan jam posting

Selain keselarasan dalam konten yang kita buat, kita harus memperhatikan jam posting. Terkadang, jam posting menentukan video yang kita upload bisa sampai ke laman for you page banyak orang. 

Interaksi dengan audiens

Sebagai pembuat konten, akan menyenangkan jika terjadi interaksi yang baik antara diri kita dengan viewers dalam konten yang kita upload. Interaksi tersebut tidak hanya like, share atau save. Tapi juga pada kolom komentar. Pertanyaan atau tanggapan audience yang kamu jawab dapat mencerminkan branding bisnis skincare kamu, lho. So, jadilah brand yang bijak ya!

TikTok sebagai channel branding bisnis Skincare
Freepik

Pasang Iklan TikTok

Iklan TikTok dapat meningkatkan awareness audiens dengan bisnismu. Membangun branding bisnis skincare di TikTok dapat dibantu dengan TikTok Ads. Terdapat beberapa jenis iklan di tiktok. Ada pre-roll video yaitu iklan yang muncul di laman For You Page (FYP) saat membuka aplikasi. Ada juga in-feed video yaitu iklan yang muncul ditengah beberapa kali kamu scroll laman FYP.

Lalu, ada hashtag challenge yaitu iklan yang muncul jika pengguna mencari hashtag di laman discover. Terakhir, ada Branded Augmented Reality (AR) yaitu ketika suatu brand skincare atau kosmetik membuat sticker atau filter yang menampilkan informasi produk brand tersebut. Cara ini dapat meningkatkan brand awareness di Tiktok.

Konsisten, kunci branding usaha skincare

Terlepas dari keselarasan dalam konten, jam posting dan interaksi kamu dengan viewers, konsisten adalah kunci. Konten yang diunggah di TikTok memang tidak selalu mendapatkan engagement yang baik dalam jumlah like, komen, dan share. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan bagi kamu untuk konsisten membuat konten. Sikap konsisten dapat mendorong keberhasilan kamu dalam membangun branding usaha skincare di Tiktok.

Kolaborasi dengan konten kreator lain

Dalam membangun branding bisnis skincare di TikTok, kamu harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan influencer lain. Kamu bisa mengajak mereka untuk menggunakan skincare kamu dan membagikan pengalamannya. Dengan begitu, produk kamu juga bisa mendapatkan perhatian dari audience influencer tersebut. Dengan kata lain, cara tersebut dapat meningkatkan awareness brand skincare kamu.

Nah, sudah siap menjadikan TikTok sebagai channel branding usaha skincare kamu? Selamat mencoba tips diatas ya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.