Kecantikan, Pembaruan

Strategi Promosi Skincare Menggunakan Media Sosial

Ilustrasi bisnis skincare | jasa maklon skincare | MurniCare Maklon Jakarta

MurniCare Maklon, Jakarta – Seperti halnya berjualan, promosi skincare juga nggak melulu lewat banner, spanduk besar, dan diadakan di toko saja. Promosi juga dengan leluasa bisa dilakukan di media sosial. Banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan lebih banyak perhatian audiens sebagai calon pembeli. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana strategi promosi skincare menggunakan media sosial.

Sumber : Freepik

Kenapa Sih Harus Pakai Media Sosial?

Media sosial merupakan tempat semua orang bisa bertemu dan berinteraksi tanpa harus saling bertemu secara langsung. Interaksinya beragam dan unik, misalnya seperti beropini dan saling memuji di kolom komentar sampai pembuat konten yang membalas komentar melalui video. Berbagai bentuk konten yang disajikan dan juga interaksi audiens membuat media sosial menjadi ramai dan konten apapun mudah terlihat oleh mereka.

Nah, keramaian inilah yang kita manfaatkan untuk berjualan. Bayangkan kamu berada di suatu tempat ramai seperti pameran, kompleks kawasan pendidikan atau mall yang ramai pengunjung. Orang-orang akan lebih mudah melihat toko, booth atau brand yang kamu pajang. Oleh karena itu, media sosial yang ramai ini adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan brand skincare kita.

Strategi Promosi Skincare

1. Rajin Posting Konten

Semakin rajin kamu mengunggah konten, media sosial brand kamu bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari audiens. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah tidak perlu menggunakan terlalu banyak media sosial. Kuncinya adalah tekun dan konsisten dalam mengelola media sosial yang kamu gunakan. Beberapa ide konten yang bisa kamu unggah adalah product knowledge atau pengetahuan tentang produk skincare yang kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa membahas masalah-masalah kulit yang bisa diselesaikan dengan produk skincare kamu. Jadi, rajin unggah konten juga strategi promosi skincare yang penting banget!

2. Manfaatkan Fitur Media Sosial

Strategi promosi skincare yang kedua adalah bagaimana kita menggunakan media sosial. Sebagai sebuah brand yang melakukan promosi di media sosial, kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur pada media sosial yang kamu gunakan. Beberapa contohnya adalah fitur tanya jawab, menyisipkan link, dan filter-filter kamera yang unik.

Konten brand aku sepi pengunjung, boleh dibikin iklan berbayar nggak sih buat menambah brand awareness? Ini sih boleh banget! Untuk menarik jumlah audiens yang melihat konten yang kamu unggah, kamu bisa menggunakan fitur untuk beriklan di media sosial tersebut dengan membayar sesuai jangka waktu, target jumlah audiens, dan tujuan iklannya. Apakah untuk brand awareness atau untuk selling. Jangan khawatir, biaya iklan digital seperti ini masih sangat terjangkau dibanding iklan konvensional, lho.

3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Audience dan Pembeli

Menarik perhatian audiens dan pembeli bukan hanya kegiatan promosi, komunikasi yang baik juga menjadi daya tarik buat suatu brand skincare. Admin yang ramah, rendah hati, dan mau menjawab pertanyaan audiens juga menjadi nilai tambah untuk kenyamanan audiens kamu. Nah, strategi promosi skincare dengan bikin nyaman audiens adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan.

4. Promo dan Giveaway Menarik

Brand skincare biasanya punya banyak cara untuk menarik perhatian audiens dan pembeli. Nah, potongan harga dan giveaway menjadi salah satu cara yang menarik untuk mendorong pembelian dan juga engagement audiens. Keterlibatan mereka bisa membuat media sosialmu menjadi lebih hidup dan terkesan nyata interaksinya walaupun hanya melalui ketikan.

5. Copywriting yang Menarik

Daya tarik sebuah brand skincare dalam mempromosikan produknya juga melalui copywriting yang menarik. Ini merupakan salah satu strategi promosi skincare yang butuh banyak latihan dan pengamatan. Beberapa upaya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan kalimat persuasif. Kamu bisa menarik perhatian audiens agar segera mengambil kesempatan untuk mendapatkan produkmu, misalnya karena hari ini adalah tanggal gajian.

Kamu juga boleh memberi rasa urgensi agar audiens segera membeli skincare kamu sekarang juga demi mengatasi keluhan kulitnya. Sebagai contoh, kamu bisa bilang “hempas semua jerawatmu yang mengganggu mulai dari sekarang dengan masker jerawat dari … (sebutkan nama brand kamu)”.

Selain kalimat ajakan, kamu juga wajib memberikan informasi yang valid terkait produk skincare kamu, termasuk pada keunggulan produk. Sebagai brand, kejujuran tentang skincare yang dijual adalah yang paling utama. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan para pengguna skincare kamu. Mungkin saja tidak semua kulit cocok dengan skincare kamu, jadi kamu harus bisa terbuka dan jujur dalam memberikan informasi produk. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu nih strategi promosi skincare melalui media sosial. Kamu bisa menerapkan satu per satu mulai dari sekarang. Jangan takut untuk trial and error karena memang perlu banyak upaya untuk tahu hasilnya.

Kamu mau punya bisnis skincare juga? Yuk, realisasikan bisnis kamu bersama MurniCare! Silakan hubungi kami disini untuk mulai konsultasi ide bisnis skincare yang kamu mau. 

Artikel Terkait
Kandungan Surfaktan Pada Skincare, Semua Organik dari Kelapa!
Skin Minimalism Jadi Tren Kecantikan, Apa Itu?
Alasan IPL Hair Removal Lebih Efektif dari Waxing, Simak!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.