Kesehatan, Pembaruan

Telekonsultasi: Adaptasi Industri Kesehatan di Tengah Pandemi

(Foto oleh Tirachardz di Freepik)

MurniCare, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang terjadi tanpa diduga-duga ‘memaksa’ masyarakat dan setiap pelaku bisnis untuk beradaptasi. Layanan Telekonsultasi pun muncul sebagai salah satu cara industri kesehatan beradaptasi di tengah pandemi.

Layanan telekonsultasi merupakan layanan konsultasi kesehatan yang dilakukan secara daring (online). Layanan ini bisa membantu masyarakat berkonsultasi dengan dokter mengenai permasalahan kesehatan yang dimiliki tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Meningkatnya permintaan konsultasi kesehatan online di tengah pandemi membuat layanan telekonsultasi menjadi salah satu layanan yang paling diminati oleh masyarakat. Selain lebih mudah dan cepat, layanan telekonsultasi ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah untuk membatasi kontak fisik dan sosial dalam rangka menekan penularan virus Corona.

Konsultasi kesehatan online sebetulnya sudah tersedia sebelum pandemi COVID-19 melanda. Namun penggunaannya masih belum signifikan dan sangat terbatas karena sebagian besar pasien lebih suka berkonsultasi secara langsung. Meledaknya kasus COVID-19 ‘memaksa’ fasilitas kesehatan dan industri kesehatan untuk lebih cepat dalam mengadopsi layanan telekonsultasi ini.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh theconversation.com pada 22 dokter umum dan spesialis dari berbagai darerah di Indonesia menunjukkan bahwa dibandingkan dengan sebelum pandemi, penggunaan layanan telekonsultasi naik drastis dan WhatsApp menjadi aplikasi yang paling populer digunakan untuk konsultasi kesehatan online.

(Foto oleh Tirachardz di Freepik)

Kebutuhan akan layanan telekonsultasi yang semakin tinggi di tengah pandemi juga memberikan peluang untuk berkembangnya praktik telekonsultasi di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai platform yang muncul untuk memberikan layanan telekonsultasi.

Layanan telekonsultasi juga diprediksi akan semakin populer bahkan setelah pandemi COVID-19 berakhir karena masyarakat sudah terbiasa dengan pola perilaku yang baru, di mana sebagian besar aktivitas dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dari mana saja. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan biaya.

Selain itu, konsultasi kesehatan online memudahkan berbagai kalangan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan karena cukup menggunakan smartphone dan jaringan internet untuk mengaksesnya tanpa perlu mencari dan mendatangi fasilitas kesehatan terdekat. Beberapa layanan pun bahkan tersedia gratis.

Selain membantu screening permasalahan kesehatan dengan efektif, layanan telekonsultasi juga memungkinkan pasien untuk mendapatkan resep melalui WhatsApp atau platform lainnya sehingga pasien bisa menebus obat yang diberikan oleh dokter di apotek terdekat.

MurniCare sebagai penyedia layanan kesehatan yang komprehensif juga memiliki layanan telekonsultasi terbaik untuk Anda. Sekarang Anda tidak perlu lagi menunggu lama di fasilitas kesehatan. Konsultasikan kebutuhan kesehatan Anda dengan tenaga medis profesional dimanapun Anda berada.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan melalui telekonsultasi bersama MurniCare adalah:

– Dibantu oleh dokter dan tenaga medis yang berkualitas dan professional

– Aman dan terjamin

– Nyaman

– Fleksibel

Dengan prosesnya yang mudah, Anda bisa langsung berkonsultasi secara online tanpa perlu meninggalkan rumah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami melalui Hotline 1500 813 dan WhatsApp 0811 811 146.

Tinggalkan Balasan