7 Manfaat Membagikan Sampel Produk Gratis, Penting Saat Launching Produk!
MurniCare, Jakarta – Memperkenalkan produk baru menjadi hal yang penting untuk semua bisnis. Memberikan sampel produk adalah salah satu yang paling menarik untuk calon konsumen. Sampel produk adalah produk yang ditawarkan dalam jumlah yang lebih sedikit untuk konsumen tanpa dikenakan biaya dengan tujuan agar konsumen bisa mencobanya dulu sebelum membeli produk yang berukuran normal. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja manfaat membagikan sampel produk gratis. Yuk, simak sampai habis!
Manfaat Membagikan Sampel Produk
1. Menciptakan Awareness
Produk yang baru launching pasti belum memiliki pembeli, bahkan peminat. Maka kita harus melakukan usaha lebih agar produk baru bisa tampil menarik untuk dibeli calon konsumen. Usaha lebih ini dapat dilakukan dengan membagikan sampel produk gratis untuk konsumen kita. Kamu bisa mulai menjangkau awareness dari orang-orang terdekatmu, seperti ke teman dekat dan kerabatmu.
Toko online juga bisa memberikan sampel produk gratis ke pelanggan, lho. Kamu bisa menyisipkan sampelnya ke dalam paket pesanan milik pelanggan setia toko kamu.
2. Mendapatkan feedback dari konsumen
Apabila produk baru yang baru launching berupa parfum baru yang kamu jual, maka kamu bisa membagikan sampel produk gratis ke teman dekat kamu. Bisa ke teman sekolah, teman kantor, atau teman kuliahmu. Nantinya, kamu bisa mencari tahu beberapa hal dari mereka. Misalnya, bagaimana wanginya, cocok untuk orang yang seperti apa dan digunakan saat kapan. Dari sini, kamu bisa lebih tepat dalam menentukan target konsumen dan membuat branding produk tersebut.
3. Menjalin relasi dengan orang baru
Membagikan sampel produk gratis tidak hanya memperkenalkan produk barumu kepada banyak orang. Dengan memberikan sampel gratis, kamu sebagai penjual dapat sekaligus mengenal orang-orang yang menyukai produk yang kamu jual. Jika produk kamu adalah parfum, kamu bisa tawarkan sampel parfum ke teman-temanmu atau kerabatmu yang sangat menyukai parfum. Jika mereka suka, mereka tidak akan segan untuk mengenalkan produk kamu ke orang terdekat mereka yang juga pecinta parfum. Dari sini, kamu bisa memperoleh banyak calon pembeli dan menjalin relasi dengan orang baru.
4. Mengetahui produk yang potensial untuk dijual
Sampel gratis yang kamu bagikan bisa menentukan apakah produk kamu potensial atau tidak untuk dijual. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin menjual lebih dari satu jenis produk baru. Bergantung juga dengan kepada siapa kamu menjual dan apakah produk yang kamu keluarkan termasuk produk yang diminati dan dibutuhkan oleh konsumen pasarnya.
Baca juga Tren Ingredients Skincare Populer 2024
5. Promosi secara sukarela di media sosial
Promosi dapat terjadi secara sukarela ketika konsumen ternyata menyukai produk kita. Banyak penggemar produk kecantikan yang aktif menggunakan media sosial yang suka merekomendasikan produk yang mereka sukai ke pengikut di media sosialnya. Nah, produkmu bisa menjadi salah satu yang mereka rekomendasikan, lho. Ini penting untuk ajang promosi yang efektif. Apalagi ketika orang yang kamu berikan sampel adalah orang yang terkenal di media sosial, seperti seorang influencer, atau seorang enthusiast di produk yang kamu jual. Mereka bisa memberikan ulasan positif di media sosialnya secara sukarela jika sudah menyukai produk kamu.
6. Pembeli lebih percaya untuk membeli
Pembeli lebih percaya diri untuk membeli produk jika sudah pernah mencoba sebelumnya. Dengan adanya tester atau sampel produk, pembeli akan terbantu untuk yakin dalam membeli produk kamu. Produk sampel lebih bisa meyakinkan calon pembeli jika dibandingkan poster promosi.
7. Meningkatkan penjualan
Produk sampel yang kamu berikan juga berpotensi meningkatkan penjualan. Bagaimana caranya? Pada umumnya, orang akan lebih tertarik untuk membeli suatu produk setelah mencoba produk sampelnya. Produk kecantikan seperti parfum dan lip product lebih membutuhkan tester atau produk sampel untuk bisa dicoba sebelum membeli.
Sampel produk bisa meningkatkan penjualan karena calon pembeli menjadi lebih percaya diri untuk membeli, seperti yang kita bahas pada poin sebelumnya.
Intinya, menarik calon pembeli melalui sampel gratis ternyata punya banyak manfaat. Diantara keunggulannya adalah memberikan pengalaman bagi konsumen untuk langsung mencoba produk, bisa mendapatkan awareness lebih banyak, sekaligus untuk melihat apakah produk kamu laku dipasaran atau tidak. Nah, ada rencana menarik pembeli dan meningkatkan penjualan dengan membagikan sampel produk gratis? Yuk, hitung biayanya dan bagikan sampel produk kecantikan kamu!
Baca juga Tren Skincare Pria dan Peluang Bisnisnya