Kecantikan, Pembaruan

Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Bisnis Berkembang Terus, Beautypreneur Harus Tahu!

kesalahan bisnis | kesalahan dalam berbisnis

MurniCare Maklon, Jakarta – Menjalani bisnis kecantikan seringkali penuh tantangan dan tidak luput dari kesalahan yang malah berdampak pada bisnis kita sendiri. Kesalahan ini bisa jadi karena tidak disadari sehingga menghambat bisnis untuk berkembang. Pada artikel ini, kita akan membahas 5 kesalahan yang umum terjadi dalam menjalankan bisnis. Dengan ini, kamu bisa menghindari atau memperbaiki sesegera mungkin sebelum terlambat. 

kesalahan bisnis | kesalahan dalam berbisnis

5 Kesalahan dalam Berbisnis

1. Tidak Tahu Kondisi Pasar 

Siapa diantara para pebisnis yang menjual barang tanpa mengetahui kondisi pasarnya? Nah, kesalahan berbisnis ini bisa bikin kamu hilang arah. Padahal, riset pasar adalah hal yang paling awal dilakukan sebelum kamu mulai menjual barang. Sebagai contoh, kamu menjual sheet mask. Ketika kamu tidak mengetahui kondisi pasar, maka kamu juga mungkin tidak memahami siapa saja konsumen kamu, apa yang mereka butuhkan dari sheet mask ini, siapa saja kompetitornya dan sebagainya.

Mengenal konsumen juga penting. Tanpa mengenal konsumen, kamu juga mungkin tidak memahami produk seperti apa yang lebih mereka suka, cara promosi seperti apa yang nyaman untuk mereka dan bahkan pelayanan seperti apa yang ideal bagi mereka. 

Jadi, masih mau melewatkan tahap riset di awal berbisnis? Yuk, segera perbaiki kesalahan bisnis yang ini sebelum terlambat!

2. Tidak Belajar dari Kompetitor

Mau bisnis skincare sukses tapi ogah mempelajari kompetitor? Nah, ini nih kesalahan dalam berbisnis yang harus kamu hindari biar bisnismu jauh dari kata “mentok”. Mempelajari kompetitor menjadi sebuah bentuk evaluasi untuk mengetahui apa yang dimiliki kompetitor yang bisnis kita tidak punya. Hal ini bertujuan untuk bertahan ditengah persaingan bisnis. Terlebih jika kamu menjual produk yang bukan termasuk niche product yang pemainnya sedikit. 

Beberapa hal yang bisa kita pelajari dari kompetitor adalah bagaimana strategi harga dan promosi yang mereka gunakan, mempelajari kualitas produk mereka, bahkan seperti apa konsumen mereka. Masih mau tutup mata dari kompetitor?

3. Malas Melakukan Inovasi

Zaman sekarang masih malas berinovasi? Jangan yaa, kamu juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Seiring uniknya permintaan konsumen dan semakin kompleks kebutuhan mereka, bisnis kita juga harus mau menyesuaikan. 

Semua bisnis harus berinovasi agar tidak terbawa arus ketertinggalan, termasuk bisnis kecantikan, pakaian, makanan dan minuman, teknologi dan lain sebagainya. Jadi, hindari kesalahan berbisnis yang satu ini ya!

4. Menolak Muncul di Media Sosial

Bisnis skincare di zaman digital tapi masih nolak buat muncul di media sosial? Pertimbangin lagi, yuk. 

Di era digital, semua orang membangun personal brandingnya di media sosial. Bisnis pun tidak kalah, media sosial menjadi lahan subur untuk mendapatkan banyak engagement. Kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook fanpage, Youtube hingga Tiktok. Dengan media sosial, kamu bisa menunjukkan produk kamu lebih detail dan mengemasnya menjadi konten yang menarik. Konten yang unik cenderung lebih menarik perhatian dan menarik engagement. Jadi, segera muncul di media sosial yuk untuk menghindari kesalahan berbisnis yang satu ini!

5. Malas Mendengarkan Konsumen

Punya bisnis tapi kurang memperhatikan kebutuhan konsumen? Let’s look back for a moment.

Sebagai penjual, sebuah bisnis tentu butuh pembeli. Sebagai pengguna, pembeli sangat butuh penjual yang menyediakan barang atau jasa yang mereka butuhkan. Nah, bisnis kamu pun punya peran yang sebaliknya, yaitu memahami apa yang dibutuhkan pelanggan. Mereka akan bersuara ketika ada kekurangan pada produk atau pelayanan dari brand kamu. Ini adalah momentum untuk memanfaatkan feedback pelanggan agar brand kamu berjalan lebih baik lagi. Kamu pun bisa bersaing dengan kompetitor dengan kualitas produk dan pelayanan yang tidak kalah bagusnya!

Dengan memahami dan menghindari 5 kesalahan dalam berbisnis, kamu sebagai beautypreneur memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis. Dengan begini, kamu bisa jauh dari kata stuck! Kunci sukses terletak pada perencanaan matang, riset yang mendalam, dan bisa beradaptasi dengan tren pasar. 

Dengan strategi yang tepat, bisnis kamu tidak hanya akan bertahan, tetapi juga menjadi salah satu pemain kuat di industri kecantikan! Ikuti terus info dan penawaran menarik di media sosial MurniCare Maklon untuk bisnis kecantikanmu!

Baca juga
Prediksi Tren Parfum 2025, Pebisnis Parfum Harus Tahu Ini!
Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mentimun, Benarkah Bisa?