Kecantikan, Pembaruan

Tips Ampuh Bikin Desain Packaging Unik dan Memorable untuk Produk Skincare Kamu!

Ilustrasi Desain Packaging yang Unik

MurniCare Maklon, Jakarta – Industri skincare semakin kompetitif dalam berbagai aspek. Semua brand punya seribu cara untuk menarik perhatian konsumen, termasuk dari packaging. Tampilan packaging menjadi salah satu daya tarik yang pertama dilihat dan dibandingkan oleh konsumen. Jadi, tidak heran kalau banyak brand yang berlomba-lomba bikin packaging skincare yang menarik. Nah, pembahasan kali ini cocok bagi kamu yang ingin punya bisnis skincare dan mencari tips ampuh bikin desain packaging unik dan memorable.

tips ampuh bikin desain packaging unik
Sumber : Freepik

Tips Bikin Desain Packaging Unik dan Menarik

1. Teks Mudah Dibaca

Tulisan label produk yang mudah dibaca berarti memudahkan calon konsumen untuk memperoleh informasi dari produk kamu. Jadi, penting juga nih buat pemilihan font dan ukurannya. Biasanya, para brand melakukan customize untuk membuat font mereka sendiri. Sebagai brand, tulisan pada kemasan menjadi salah satu komponen yang butuh banyak perhatian. Apalagi jika packaging skincare kamu kecil dan tidak banyak space untuk tulisan dengan ukuran yang cukup besar.

2. Informasi yang Runut

Label produk biasanya mengandung banyak informasi, terlebih pada produk skincare. Nah, informasi yang banyak ini harus diletakkan dengan berurutan agar konsumen dapat memahami produk dengan cepat. Misalnya, dari merek, jenis produk, ingredients utama dan ukuran produk. Kenapa ini penting? Karena tidak semua konsumen menyediakan banyak waktu untuk berlama-lama memilih produk, terlebih untuk yang baru membuat keputusan beli secara on the spot atau langsung ditempat.

3. Packaging dapat Dimanfaatkan Kembali

Sebagai konsumen, mereka biasanya menyimpan benda yang dapat digunakan kembali. Termasuk box atau kemasan produk. Semakin memiliki desain packaging yang unik, maka semakin berat hati untuk membuang kemasannya begitu saja. Selain menarik calon pembeli, kemasan dengan desain unik, estetik dan dibuat dari bahan yang kokoh juga akan “disayang” sama konsumen kamu. Jadi, nggak akan terbuang begitu saja. Dengan begitu, produk dari brand kamu akan mudah diingat oleh konsumen.

4. Unsur Laminasi, Embos dan Aroma

Kemasan dengan laminasi glossy maupun matte punya daya tarik tersendiri. Dalam hal estetika, hal ini akan menambah ketertarikan konsumen terhadap produk skincare kamu. Selain laminasi, desain embos juga disenangi para konsumen. Ini penting untuk menghasilkan desain packaging yang unik.

Indera penciuman dan penglihatan dapat memicu hal-hal tertanam di otak. Jadi, embos yang dapat disentuh bakal bikin produk kamu mudah diingat. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan kemasan produk kamu punya wangi yang khas. Hal kecil ini bikin produk kamu terkesan punya effort lebih untuk menonjolkan keunikannya. 

5. Permainan Warna yang Bermakna

Siapa sih yang nggak tertarik sama paduan warna unik? Kamu bisa mainin warna demi menghasilkan desain packaging yang unik. Seperti yang kita bahas pada poin sebelumnya, indera penglihatan bisa memicu ingatan kita terhadap sesuatu yang beda. Nah, ini saatnya bikin konsumen kamu terngiang-ngiang dengan produk skincare kamu dengan paduan warna yang menarik! Kamu bisa berkreasi untuk bikin packaging yang colorful, berwarna pastel, warna mencolok, bahkan yang paduan warna yang sangat sederhana.

Lebih bagus jika kamu punya makna tersendiri dalam memilih warna. Warna ini akan berpengaruh untuk menentukan daya tarik produk dan bikin produk kamu menonjol di mata konsumen.

6. Keselarasan Tiap Komponen Label

Walaupun kita bahas paling terakhir, keselarasan ini merupakan hal yang juga paling penting. Komponen label pada kemasan produk lebih nyaman dilihat jika semuanya selaras. Gabungan yang selaras antara logo, warna, ukuran tulisan dan jenis font bisa bikin produk skincare kamu punya kesan tersendiri buat para konsumen. Dengan menjaga keselarasan pada penampilan packaging, produk kamu akan tampil unik dan menonjol dari skincare lainnya saat dipajang di toko.

Intinya, kreasi desain packaging unik nggak hanya dari satu atau dua sisi. Melainkan banyak hal yang bisa kita eksplorasi Buat kamu yang punya bisnis skincare, kamu boleh banget terapin tips-tips ini biar skincare kamu unik dipandang, nyaman saat digunakan, dan membekas di ingatan!

Baca juga
Ini Ingredients Skincare Favorit di MurniCare Maklon Jakarta!
Pentingnya SPF untuk Kulitmu, Jangan Skip untuk Hasil Terbaik!